Subscribe

Yellow Box, Solusi Alternatif Mengendalikan Kemacetan Lalu Lintas

Yellow Box, Solusi Alternatif Mengendalikan Kemacetan Lalu Lintas

Yellow Box adalah suatu area berwarna di persimpangan jalan yang harus tetap kosong dari antrian kendaraan. Area tersebut diharuskan kosong untuk menghindari kepadatan atau antrian kendaraan di seluruh jalur.

Jadi jika ada satu jalur mengalami kepadatan, yellow box tersebut yang merupakan titik temu seluruh jalur tetap bisa dilewati kendaraan dari jalur lain. Berikut contoh persimpangan yang mengalami kemacetan karena tertutupnya yellow box.

Yellow Box adalah satu cara untuk mengatur lalu lintasan di persimpangan jalan Jakarta. Cara kerjanya sangat mudah yaitu tidak boleh ada kendaraan baik motor atau mobil berada dalam yellow box tersebut.

Cara ini pada dasarnya sangat membantu petugas lalu lintas. Petugas tidak harus berada setiap saat di persimpangan lalu lintas tersebut.

Namun pada penerapanya banyak pengendara kendaraan yang melanggar. Baik pengendara kendaraan umum atau pribadi. Entah karena belum ada sosialisasi yang luas atau masyarakat yang memang tidak mematuhi.

Di Australia dan New Zealand ada peraturan yang menyatakan seluruh persimpangan box junction. Box junction memiliki fungsi yang sama dengan yellow box. Di beberapa negara bagian Amerika dipasang tanda “DO NOT BLOCK INTERSECTION” untuk meningkatkan perhatian pengendara yang melintasi persimpangan.Di Jakarta yellow box sudah digunakan di beberapa jalan protocol salah satunya adalah di jalan M.H Thamrin menuju jalan Jendral Sudirman dan di beberapa titik yang memiliki kepadatan arus kendaraan yang tinggi pada jam berangkat kerja dan jam pulang kerja. Berikut adalah contoh yellow box yang mengalami kemacetan.

Pada dasarnya yang mengalami kepadatan atau antrian kendaraan dari gambari di atas adalah jalur 1 menuju jalur 4. Namu karena yellow box pada persimpangan tersebut tertutup oleh kendaraan dari jalur 1 menuju jalur 4 maka kendaraan dari jalur 7 menuju jalur 2 dan jalur 3 menuju jalur 6 tidak bisa melintas.

Kondisi di atas adalah kemacetan yang disebabkan pengendara di jalur 1 menuju jalur 4, bagaimana jika pengendara di jalur lain pada persimpangan tersebut melakukan hal yang sama. Tidak akan terbayang kemacetan yang akan timbul.
sumber