Subscribe

Tips Menghilangkan Kantung Mata

Tips Menghilangkan Kantung Mata

Seiring dengan bertambahnya usia, seringkali kulit dibagian wajah terlihat mengendur. Hal ini pun banyak dikeluhkan oleh para kaum wanita. Apalagi setelah memasuki usia 30-an, pengenduran kulit mulai terlihat secara nyata sehingga mampu menyebabkan terjadinya efek kantung mata dan smile line.

Pada dasarnya, ada dua penyebab timbulnya kantung mata dan smile line. Bisa disebabkan proses penuaan yang menyebabkan hilangnya jaringan kolagen penyangga kulit sehingga kulit di bagian bawah mata dan dibagian smile line menjadi kendur. Kulit yang kendur, khususnya pada bagian mata tersebut diisi oleh minyak yang berasal dari timbunan lemak berlebih, sehingga kulit mata mengembung dan membentuk kantung. Bisa pula diakibatkan oleh tekanan secara emosional atau stres.Berikut beberapa tips untuk menghilangkannya :

1. Kompres mata dengan air dingin.
Ini yang kasi saran teman yang punya toko, memang orangnya simpel dan realistis. Caranya, ambilah washlap, terus celupkan pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata. Khasiatnya akan segera terasa, kita akan merasa tenang, rilex dan membuat mata terasa sejuk. Lakukan hal ini sekitar 10 menit, sebelum kita pergi tidur. Besok pagi pas kita bangun, akan terlihat kantong mata sudah menghilang atau paling nggak, sedikit berkurang pada kasus-kasus berat yang sulit disembuhkan karena terlambat ditangani.

2. Kompres kantung teh celup bekas.
Lain lagi saran teman yang orangnya super irit. Yaitu dengan mengkompres kedua mata menggunakan kantong teh celup yang sudah terpakai alias bekas. Pejamkan mata, letakkan kantong teh celup yg sudah terpakai (kedua kata ini memang dia ucapkan berulang kali seolah ingin memberikan tekanan untuk memakai kantung the celup bekas atau cuma ingin memperkuat karakternya sebagai orang irit, entahlah…) di kedua kelopak mata, diamkan selama 15-30 menit (hm… mencurigakan, jangan-jangan tehnya mau dipakai lagi, hihihi…) kemudian lepaskan. Lakukan malam menjelang tidur secara rutin sampai kantung mata menghilang. Mecha jadi menarik kesimpulan, berarti cara ini kurang maknyus karena mesti dilakukan berulang kali dulu baru bisa ilang.

3. Gunakan irisan ketimun.
Kalo yang ini saran dari teman yang suka berkebun dan makan buah. Caranya, iris buah ketimun, atau menurutnya “mentimun” (sempat ngejeng sih…) berbentuk bulat. Ah ribet amat bahasanya, pokoknya iris aja ketimunnya bulat-bulat, terus tempelkan ke mata sambil terpejam selama tidur. (yaiyalah, masa orang tidur matanya ga merem ?) jika kamu adalah orang yang tidurnya anteng, alias ga blingsatan kayak orang yang waktu tidur kepala ada di bantal, tapi pas bangun bantal Mecha udah ada di kaki. Dasar bantal ga tau diri, ga dilihat bentar udah pindah-pindah dia ! maka pasti cara ini sukses buat kamu. Tapi kalo kamu adalah orang yang tipe tidurnya sangat atraktif seperti Mecha, maka sepanjang malam itu kamu akan tersiksa karena lagi-lagi timunnya jatoooh lagi, jatooooh lagi sehingga kamu akan bersikeras pake kacamata selama tidur yang jelas bakal ga nyaman banget Cuma buat jadi penyangga biar itu timun kagak jatooooh lagi dan jatoooh lagi.

4. Pakai parutan bengkoang.
Terus, ini ada saran dari teman ane yang berjiwa kuliner dan gemar memasak. Caranya dengan memarut bengkoang dan menempelkannya pada mata selama 10-15 menit sebelum tidur. Setelah itu, cuci muka dengan air saja tanpa sabun dan tidurlah sampe pagi, jangan keterusan tidur sampe sore ya…

5. Masker kentang.
Ini dia saran dari temen yang orangnya ilmiah dan selalu terperinci. Katanya ga usah repot-repot ke dokter kulit atau ahli kecantikan (memang siapa yang mau ke sana?) ataupun mengkonsumsi obat-obatan baik pil maupun salep (sekali lagi, emang sapa yang mau ?) karena menurutnya, kentang mengandung enzim Catecholase yang banyak digunakan sebagai bahan kosmetik untuk mencerahkan kulit. Cara mengaplikasikannya untuk mengatasi kantung mata adalah, kentang dikupas, diiris tipis kemudian diblender hingga menjadi jus. Lalu tempelkan kedaerah kantung mata, tapi hati-hati hindari kontak langsung dengan mata, karena akan terasa pedih (udah tau, dodol !). Diamkan 15 hingga 20 menit. Sesudah itu bersihkan residu tepung kentang yang tersisa dgn menggunakan air kemudian lap dengan handuk atau kain lembut. Lihat hasilnya kantung mata akan sedikit berkurang. lakukan ini secara terus-menerus hingga kantong mata benar-benar hilang.

Demikianlah sedikit tips untuk menghilangkan kantung mata, silahkan dilihat dan dipilih mana yang cocok di hati, kondisi dan apresiasi.
sumber