Subscribe

Sejarah Berdirinya MTV

Sejarah Berdirinya MTV

Cikal bakal kelahiran MTV berawal pada tahun 1977. Warner Cable (sebuah divisi dari Warner Communications) dan Warner-Amex Satellite Entertainment (WASEC) meluncurkan sistem TV kabel interaktif yang dinamai Qube , di Columbus, Ohio . Sistem Qube menawarkan berbagai channel khusus. Salah satu channel khusus yaitu Sight On Sound, menampilkan cuplikan konser dan berorientasi program musik TV, dengan layanan Qube interaktif, pemirsa bisa memilih lagu dan artis favorit mereka .

Format asli dari pemrograman MTV diciptakan oleh Robert W. Pittman, yang kemudian menjadi Presiden dan CEO MTV Networks. Pittman melakukan ujicoba produksi format musik dan lagu-lagu berdurasi 15 menit di WNBC pada akhir tahun 1970-an. Executive Vice President WASEC John Lack (atasan Pittman) menggiring serial TV berjudul PopClips, diciptakan oleh mantan monkee turned Michael Nesmith. Acara tersebut terinspirasi dari sebuah program yang ditayangkan channel TVNZ di Selandia Baru pada tahun 1976.


DEBUT MTV
MTV pertama kali diluncurkan sebagai salah satu jaringan televisi kabel di Amerika Serikat pada tanggal 1 Agustus 1981 dengan orientasi awal menayangkan video musik, juga berita-berita seputar musik dan event musik. Pada hari tersebut, tepatnya pukul 00:01 waktu New York, MTV muncul dengan perkataan “Ladies and gentlemen, rock and roll!” yang diucapkan John Lack beserta lagu temanya dengan montase video pendaratan Apollo 11 di bulan.

VIDEO MUSIC PERTAMA
Video music pertama yang diputar di MTV adalah sebuah lagu yang berjudul Killed the Radio Star" dinyanyikan The Buggles produksi tahun 1979. Selanjutnya disusul video klip kedua dari Pat Benatar's yang berjudul You Better Run.

MEDIA POPULARITAS ARTIS
Pada awal-awal penayangan, MTV menyajikan pemandu acara yang fresh dan masih muda, yang disebut dengan VJ atau video jockey. Mirip dengan DJ (disc jockey) dalam radio yang bertugas memandu program dan menutarkan lagu, di sini VJ memutar video musik dengan format audio visual. Melalui MTV, banyak band tahun 80’an yang menjadi populer, seperti The Police, Van Halen, Def Leppard, Culture Club, Duran Duran, Bon Jovi, KISS, Madonna, Michael Jackson dan lain-lain.

KENAPA TAYANGAN MTV MENARIK ?
Tayangan MTV selalu menarik karena bekerjasamanya dengan studio-studio animasi bonafit seperti Colossal Picture (San Francisco), Broadcast Arts (Washington DC), dan Buzzco (New York). Logo MTV yang elegan dan cenderung berubah-rubah merupakan hasil kreasi sebuah perusahaan desain kecil di New York, yaitu Manhattan Design yang eksis mendesain logo MTV selama 25 tahun.

MTV VMA (VIDEO MUSIC AWARD)
Pada tanggal 14 September 1984 di Radio City Music Hall New York, MTV membuat acara penghargaan terhadap video musik yang pertama (VMA). Acara dipandu host Dan Aykroyd and Bette Midler. VMA kemudian mempengaruhi banyak media lain untuk megadakan acara yang serupa, seperti Grammy Award pada tahun 1992.

Daftar Pemenang MTV VMA Tahun 1984 diantaranya :
Video of the Year : The Cars — "You Might Think
Best Male Video : David Bowie — "China Girl"
Best Female Video : Cyndi Lauper — "Girls Just Want to Have Fun"
Best Group Video : ZZ Top — "Legs"
Best New Artist in a Video : Eurythmics — "Sweet Dreams (Are Made of This)"
Viewer's Choice : Michael Jackson — "Thriller"

PERKEMBANGAN PROGRAM MTV
Awal tahun 1985, MTV menjadi alat promosi efektif bagi industri rekaman yang dianggap terlalu komersial. MTV yang bersifat komersial ini memperoleh banyak kritikan. Karena sebelum tahun 1987, acara MTV hanya menayangkan video musik. Setelah itu MTV menyajikan beberapa tayangan lain, seperti acara 120 Minutes (walaupun demikian acara ini masih menampilkan video musik). Kemudian MTV membuat acara MTV News dan acara dance Club MTV, gaming, serta MTV Unplugged (persembahan musik akustik secara langsung). Awal 1990, MTV menampilkan tayangan reality show (acara yang dibuat berdasarkan kenyataan atau tanpa naskah khusus) yaitu The Real World dan Road Rules. Lalu muncul sebuah acara kartun yang amat sangat konyol yang diproduksi MTV yaitu Beavis and Butt-head. Hingga tahun 1997, acara MTV terus berkembang sampai pada program yang sangat terkenal TRL (Total Request Live), acara yang mengajak pemirsanya untuk terlibat langsung di studio. Tahun 1999, MTV banyak memproduksi acara-acara komedi seperti Jack Ass, Punk’d, dan sebagainya. Hingga kini acara MTV sudah luar biasa beragam, terutama produksi reality show mereka. Muncul acara-acara sepert Room Raiders, Pimp My Ride, MTV Made, Laguna Beach, My Super Sweet 16, Tiara Girl, sampai acara-acara yang menjadikan MTV sebagai mak comblang.

MTV SALURAN MUSIK DUNIA
MTV telah berekspansi dengan meluncurkan berbagai saluran musik MTV di seluruh dunia. MTV Inggris mengoperasikani 16 saluran di Inggris saja. Kemudian muncul MTV Brasil, Kanada MTV, MTV Turki, MTV Belanda, Irlandia MTV, MTV Yunani, Hungaria, MTV Rusia, Spanyol MTV, MTV Austria, MTV Perancis, MTV Jerman , MTV Eropa, Portugal MTV, Adria MTV, MTV DinamarcaMTV Finlandia, MTV Italia, Israel MTV, Norwegia, Polandia MTV, Ceko, Rumania MTV, MTV Lithuania, Latvia MTV, MTV Estonia, Swedia, MTV Asia, Taiwan MTV MTV Korea, MTV Japan, MTV Thailand, MTV Indonesia, MTV India, MTV Filipina (ditutup sejak 16 Februari 2010) MTV Pakistan, Ukraina MTV, MTV, MTV Australia, MTV Baru Selandia dan MTV Base di Afrika dan MTV Arabia MTV Adria MTV termasuk Slovenia, Serbia dan Kroasia MTV.

SEJARAH MTV INDONESIA
MTV Indonesia merupakan cabang stasiun televisi musik MTV yang beroperasi di INdonesia. Pertama kali ditayangkan sebagai bagian dari acara-acara di ANTV pada sejak tanggal 1 Januari 1993 awalnya berasal dari tayangan MTV Asia di Singapura. VJ saat itu diantaranya Mike Kaseem, Anu Kotor, kemudian bermunculan VJ dengan identitas “orang Indonesia” yaitu Jamie Aditya, Nadia Hutagalung, dan yang betul-betul Indonesia Sarah Sechan. Pada saat itu, bagi banyak remaja, MTV menjadi suatu tontonan yang wajib, istilahnya : tidak keren jika kita tidak nonton MTV. Rasanya kita keren sekali jika kita tahu mengenai informasi lagu-lagu, grup band, dan video musik terbaru.

MTV Indonesia kemudian pindah siaran ke Global TV pada tanggal 1 Januari 2002 dan mengudara selama 24 jam. Dengan acara yang “lebih Indonesia”, juga semenjak inilah muncul slogan “MTV, gue banget”. MTV saat ini, secara independen diproduksi di dalam negeri, bukan lagi menyomot acara MTV Asia. Program-program MTV pusat yang di-‘lokal’-kan pun bermunculan, misalnya MTV Gokil yang merupakan versi lokal dari Punk’d. Setelah Global TV memulai siaran penuh dengan acara-acara sendiri pada tahun akhir 1 Januari 2005, MTV Indonesia ditayangkan selama 12 jam di stasiun televisi tersebut. Dan setelah Global TV makin menambah acara-acara baru, mulai akhir 24 Agustus 2006, jam tayang MTV Indonesia makin berkurang. Seiring dengan maraknya program musik yang ditayangkan beberapa televisi swasta sejak 3 tahun belakangan, popularitas MTV anjlok. Tentunya tak bisa dilepaskan dari porsi MTV yang ditayangkan Global semakin berkurang.
sumber