Subscribe

Fitur baru Facebook : "One Time Password"

Fitur baru Facebook : "One Time Password"

Facebook kembali memperkenal fitur barunya,yakni "One Time Password" yang berguna bagi para penggunanya yang mungkin lupa log out setelah online.

Kemungkinan kita semua memiliki situasi di mana kita telah login ke account di beberapa warnet, perpustakaan, atau komputer teman dan khawatir bahwa kita lupa untuk log out atau password yang memang sengaja disimpan pada komputer tersebut. Fitur baru Facebook yang memungkinkan kita untuk sekedar kirim sms dengan format OTP ke 32665 dari ponsel kita yang terkait dengan account Facebook kita dan segera akan menerima password sementara yang hanya dapat digunakan sekali dan akan berakhir dalam 20 menit.

Satu-satunya kelemahan tampaknya bahwa kita harus ingat kode SMS, tapi mungkin Facebook akan menempatkan link yang mencolok di situs mobile mereka dan aplikasi Facebook.

Keunggulan one time passwords, Facebook akhirnya meluncurkan kemampuan untuk sign out dari akun Facebook kita dari jauh. Hal ini jelas juga memecahkan masalah kekhawatiran lupa untuk log out dari account kita pada perangkat lain. Google dan layanan lainnya telah memiliki ini untuk sementara waktu, dan itu bisa sangat berguna.

Pada halaman Pengaturan Account, Facebook juga sekarang menunjukkan jangka waktu Anda aktivitas terakhir pada layanan ini, kalau-kalau kita takut seseorang telah mengakses account kita. Ini juga mirip dengan apa yang Google lakukan dengan Gmail, tapi cara di Facebook jauh lebih bagus, termasuk perkiraan lokasi orang tersebut dan apa perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses account.

Ketika kita masuk ke Facebook maka secara teratur Facebook meminta menjaga keamanan informasi. Jika kita pernah kehilangan akses ke account, setelah informasi ini akan membantu Facebook memverifikasi siapa kita dan membawa kita kembali ke account kita dengan cepat.

Berbicara tentang Google, mereka juga telah melakukan tindakan berkaitan dengan keamanan. Bulan lalu, Google mulai melakukan otentikasi dua langkah yang mengharuskan kita memasukkan username, password, dan kode rahasia dikirim ke ponsel yang terkait dengan account Google kita.