Subscribe

Sejarah dan bentuk mouse dari masa ke masa

Sejarah dan bentuk mouse dari masa ke masa

Tahukah anda..mouse adalah komponen vital bagi perangkat komputer.Dan tak bisa dipungkiri lagi kalau kita tak bisa mengoperasikan komputer tanpa adanya mouse.Nah,kali ini kita akan membahas tentang sejarah mouse dan bentuknya dari masa ke masa.
Douglas Engelbart adalah yang membuat mouse komputer pertama kali. berbentuk blok yang terbuat dari kayu seperti pada gambar diatas. Engelbart pernah bekerja di Stanford Research Institute saat itu, dengan menghabiskan banyak tenaga dan pikirannya untuk proyek yang dirasa suatu saat akan menambah kepandaian dan kecerdasan bagi umat manusia.Proyek ini pada dasarnya sebagai sebuah iterasi pertama dalam dunia internet.
Engelbart berserta atasanya , Bill English, telah menerima hak patennya pada tahun 1970 untuk karya nya atas"posisi x-y yang diterjemahkan dalam sebuah indikator dalam sebuah system display " dan saat itu langsung bergelar Mouse yang dikarenakan kabel yang memanjang sampai terlihat dari belakang pc yang lebih mirip ekor tikus.Tetapi pada saat itu , personal komputer tidak terlalu rumit dan canggih seperti sekarang.Stanford Research Institute memberikan uang lisensi untuk apple dengan nilai yang katanya berjumlah sedikit sekitar US$40.000 dan Engelbart sendiri belum pernah sekalipun menerima uang royalti dari hasil penemuannya. Namun pada tahun 2000 dia telah menerima Medali Nasional dalam bidang tehnology untuk pengembangan mouse dan membantu untuk mengembangkan Hypertext, yang keduanya sangat berpengaruh pada perkembangan tehnology personal komputer


1952 : Royal Canadian Navy memperkenalkan sebuah sistem penunjuk menggunakan trackball.


1968 : Douglas Engelbart membuat mouse pertama yang terbuat dari kotak kayu dan 2 roda besi. Diperkenalkan pertamakali di sebuah konferensi di San Francisco.


1972 : Bill English memperkenalkan sebuah sistem baru penunjuk menggunakan sebuah "ball mouse".


1981 : Richard Lyon dan Steve Kirsch membuat sebuah mouse yang menggunakan cahaya LED untuk megarahkan kursor.



1983 : Microsoft membuat mouse pertama-nya dengan nama "Green Eyed".


1991 : Logitech membuat "MouseMan" dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF.


1995 : Mouse menggunakan terobosan baru yaitu scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton "Mighty Mouse".


2006 : Logitech dan Gyration merilis desain dari "air mouse"







2008 : Microsoft memperkenalkan teknologi BlueTrack.



Sekarang : Mouse dengan teknologi laser 3,5G - 5600 dpi (Gamers Only)
Razer Mamba Black - harga sekitar 1.2 Juta